Rabu, 16 November 2011

Honda Asimo Semakin Pintar

Honda Asimo generasi terbaru semakin pintar


(14/11/2011) - Honda Motor Co, Ltd meluncurkan ASIMO generasi terbaru dengan kemajuan yang signifikan. ASIMO generasi terbaru ini dapat berlari lebih cepat, menendang bola, menyeimbangkan diri, lompat menggunakan satu kaki, menuang minuman, dan juga berpikir.

Kini ASIMO generasi terbaru juga dapat bergerak tanpa dikendalikan oleh operator, tingkat kecerdasannya secara signifikan meningkat, juga kemampuan fisiknya untuk beradaptasi terhadap situasi yang lebih kompleks. ASIMO generasi terbaru telah mengalami kemajuan yang signifikan dengan dilengkapi teknologi pertama di dunia-behavior control technology.

Sejak Honda berdiri, Honda terus mengambil inisiatif terhadap tantangan-tantangan baru dalam upaya untuk menciptakan produk baru dan teknologi yang maju dengan semangat memanfaatkan teknologi untuk membantu manusia. Di bidang penelitian robot humanoid, Honda telah mengembangkan dan memajukan robot humanoid ASIMO untuk mewujudkan mimpi untuk menjadi berguna bagi manusia dan untuk membantu memperkaya kehidupan masyarakat sehari-hari.

All New ASIMO

Ada tiga hal mendasar pada pengembangan generasi terbaru robot humanoid ASIMO dimana tiga faktor ini dibutuhkan untuk mewujudkan; 1) kemampuan menyeimbangkan postur tubuh tingkat tinggi yang memungkinkan robot untuk menjaga postur dengan memadamkan kakinya dalam sekejap, 2) kemampuan pengakuan eksternal yang memungkinkan robot untuk mengintegrasikan informasi, seperti gerakan orang yang berada di sekitarnya dari beberapa sensor dan memperkirakan perubahan yang sedang berlangsung, dan 3) kemampuan untuk menghasilkan perilaku otonom yang memungkinkan robot untuk membuat prediksi dari informasi yang dikumpulkan dan mandiri menentukan perilaku berikutnya tanpa dikendalikan oleh operator. Dengan kemampuan ini, ASIMO terbaru dapat mengambil langkah lain lebih dekat untuk penggunaan praktis dalam lingkungan di mana ia akan hidup berdampingan dengan manusia.

1. Kemajuan kemampuan intelijen



Honda telah mengembangkan sebuah sistem baru yang merupakan teknologi fundamental untuk tingkat inteligensia tercanggih, yang secara komprehensif mampu mengevaluasi masukan dari beberapa sensor yang setara dengan pendengaran, penglihatan, dan indera peraba dari seorang manusia, sehingga mampu membuat perkiraan situasi lingkungan di sekitar dan menentukan reaksi sesuai perilaku robot. Teknologi ini membuat ASIMO mampu merespon gerakan manusia dan situasi sekitarnya. Selain itu, koordinasi antara sensor visual dan auditori memungkinkan ASIMO untuk secara bersamaan mengenali wajah dan suara, memungkinkan ASIMO untuk mengenali suara beberapa orang yang berbicara secara bersamaan, yang sulit bahkan bagi manusia untuk menyelesaikannya.

Selanjutnya, ASIMO generasi terbaru juga mampu memprediksi arah berjalan seseorang dalam beberapa detik berikutnya berdasarkan informasi dari pre-set sensor ruang dan juga cepat menentukan untuk mengambil jalan alternatif demi menghindari tabrakan dengan orang berdasarkan perkiraan lokasi perpotongan antara ASIMO dan orang di sekitarnya.

2. Kemajuan kemampuan fisik



Kombinasi kaki diperkuat, berbagai gerakan kaki diperluas dan teknologi kontrol baru dikembangkan yang memungkinkan ASIMO mengubah posisi mendarat di tengah-tengah gerakan yang telah memungkinkan ASIMO untuk berjalan, lari, lari mundur, dan melompat. Hasilnya, ASIMO menjadi lebih fleksibel sehingga mampu beradaptasi dengan perubahan situasi eksternal, sebagai contoh, berjalan di atas permukaan yang tidak rata sambil mempertahankan posturnya dengan stabil.

3. Peningkatan kemampuan melakukan tugas



Honda telah mengembangkan jari tangan kompak yang sangat multi-fungsi yang memiliki sensor indera peraba dan kekuatan sensornya tertanam di dalam telapak tangan dan di masing-masing jari, yang bertindak untuk mengontrol masing-masing jari secara independen. Hal tersebut dikombinasikan dengan teknologi pengenalan obyek berdasarkan indera visual dan peraba. Sensor ini membuat ASIMO mampu melakukan tugas-tugas dengan ketangkasan, seperti memilih sebuah botol kaca dan memutar tutupnya, atau memegang cangkir dan menuangkan cairan. Selain itu, ASIMO terbaru juga mampu membuat ekspresi bahasa isyarat yang memerlukan gerakan jari yang sangat kompleks.

Sumber; http://www.hondanews.info/en/

0 komentar:

Posting Komentar