Roller weight
Part
 ini posisinya ada di balik  puli depan (primary sliding shave) 
jumlahnya ada 6 buah, berat yang  standar adalah 10,6 gram, kalau pakai 
bobot yang lebih ringan dari  standar, efeknya akselerasi di putaran 
bawah jadi lebih enteng, kalo  pake yang lebih berat untuk mengejar top 
speed, tinggal pilih sesuai  kebutuhan dan keinginan. Di pasaran tersedia bobot 5-12  gram, untuk merek TDR harga satuannya sekitar Rp. 15.000. 
Rumah roller (Primary sliding shave)
Part
 ini sebagai tempat  roller, untuk optimalisasi bisa dengan cara 
menghaluskan alur roller  dengan amplas lalu kemudian dipoles 
menggunakan autosol, sehingga  alur menjadi licin. Efeknya 
roller lebih mudah terlempar, sehingga  akselerasi menjadi ringan. Kalo 
mau lebih praktis bisa beli merek Kitaco.  Dalam satu paket berisi puli sekalian 2 macam bobot roller(7,5 gr dan  10 gr).

V- Belt
Pakai  belt dengan endurance yang tinggi dan tidak mudah slip atau mengendur.  Sehingga bisa mengurangi power lost. Belt aftermarket yang  beredar berkisar antara Rp. 80.000. hingga Rp. 250.000. Cara ini bisa  meningkatkan tenaga sekitar 5% dan bahan bakar lebih hemat 8-10%

Per CVT
Bisa
  diganti dengan yang tekanan pegasnya lebih keras, efeknya akselerasi  
menjadi lebih galak. Bisa juga dengan cara mengganjal per CVT standar,  
namun cara ini tidak direkomendasikan. Per CVT aftermarket di pasaran  
berkisar antara Rp. 50.000 sampai Rp. !00.000, sedangkan model  
pengganjal harganya Rp. 70.000.
Kopling Sentrifugal dan teromol
Cara kerja kopling sentrifugal
 (KS)  CVT, hampir sama dengan KS pada motor bebek, bedanya pada CVT  KS
  tidak terendam oli/ kering. Cara kerjanya, pada putaran tertentu 
ketiga  kampas kopling “terlempar” keluar. Kampas menempel pada teromol 
lalu  kemudian berputar bersama-sama. Tinggi rendahnya RPM agar bisa 
melempar  kampas (gaya  sentrifugal) tergantung dari kekuatan pegas. 
Pada mio standar bekerja  pada 3.000 rpm. Agar lebih responsif pakai 
pegas yang kekerasannya lebih  rendah. Misal, pakai pegas sentrifugal 
CLD. Bekerja pada 1.500. rpm.  Jadi pada rpm yang lebih rendah motor 
sudah bisa jalan. Harganya Rp.  60.000. Ada  juga merek LHK yang lebih 
lengkap, terdiri dari pegas dan kampas yang  bekerja pada rpm yang lebih
 rendah, juga teromol yang dindingnya beralur  sehingga mengurangi slip 
pada kopling, namun harganya mahal, yaitu  sekitar Rp. 660.000./set.
BIKIN  MIO IRIT DAN KENCENG (bag I) 
Pake mio emang nyaman,  tinggal narik gas lgsung ngejos, ngga perlu nginjek perseneling  atau narik kopling lagi. Cocok banget buat cewek, walaupun banyak  juga cowok yang pake tapi banyak yang ngeluh kalo mio itu boros, ada  juga yang bilang mio tenaganya kurang galak. Kalo mau mio kamu lebih irit tapi kenceng bisa  coba trik yang satu ini:
Triknya adalah optimalisasi tiga bagian  kendaraan, yaitu mesin, pengapian dan tranmisi (CVT), juga aplikasi alat penghemat BBM. Saya sudah coba di mio saya,  dan hasilnya, mantab! Motor makin kenceng, tapi irit.Bagian I: Mesin
Targetnya adalah optimalisasi pasokan bahan bakar ke combustion chamber.
Porting-Polishing
Menghaluskan saluran masuk/ intake manifold dan saluran buang/ exhaust manifold (porting-polishing) sehingga aliran bahan bakar lebih lancar masuk ke ruang bakar, dan gas buang lebih cepat terbuang dari ruang bakar. Untuk saluran masuk jangan terlalu halus cukup dihilangkan bagian- bagian yang dapat menghambat aliran bahan bakar, karena tekstur pada intake manifold masih diperlukan untuk memecah bahan bakar yang masih berupa gumpalan agar tercampur dengan udara. Ini bisa menaikan tenaga mio kamu sekitar 5%.

Klep & per klep
Klep perlu di skir agar tidak ada kebocoran kompresi, bila mau bisa diganti dengan klep racing, di pasaran ada merek TK yang mempunyai desain gagang yang lebih optimal menyalurkan bahan bakar.
Per klep perlu diganti dengan per yang lebih keras, bisa menggunakan per klep racing merek CLD, harganya sekitar Rp. 120.000. sehingga buka- tutup klep lebih optimal, karena pada RPM tertentu klep masuk dan buang terbuka pada waktu yang hampir bersamaan ini mengakibatkan mesin ngempos, atau terjadi knocking. Ini bisa menaikan tenaga mio kamu sekitar 5% dan menghemat bahan bakar sekitar 5%.

Karburator
Karburator mio menggunakan system vacum, yaitu buka-tutup skep diatur oleh kevakuman pada intake manifold. Masalah yang sering terjadi adalah karet vakum lemah atau skep yang terbuat dari plastik tergores sehingga buka-tutup skep terganggu. Periksa bagian ini apabila terdapat gejala seperti di atas sebaiknya skep dan karet vakum diganti, sekalian juga ganti spuyer dan baut setelan, karena biasanya pada bagian ini komponen sudah tidak presisi lagi. Biar lengkap beli aja repair kit karburator untuk mio, harganya sekitar Rp.20.000.
BIKIN  MIO IRIT DAN KENCENG (bag II) 
Bagian II: Komponen Pengapian
Targetnya adalah bikin pengapian lebih besar dan stabil, sehingga pembakaran lebih sempurna
CDITargetnya adalah bikin pengapian lebih besar dan stabil, sehingga pembakaran lebih sempurna
Agar pengapian lebih optimal dianjurkan mengganti CDI dengan type Racing. Type racing sudah menganut system unlimiter dan kurva pengapian yang lebih baik. Banyak merek yang bikin khusus untuk mio seperti XP, BRT, TDR, atau yang harganya lebih bersahabat beli aja merek Varro harganya sekitar Rp. 175.000. komponen ini bisa bikin mio kamu lebih hemat bahan bakar sekitar 10-15% dan tenaga mio kamu naik hingga 15%.
Koil
Ganti aja koil dengan koil yang kemampuannya lebih baik, contohnya merek Blue Thunder, komponen ini bisa meningkatkan percikan bunga api pada busi sehingga pembakaran lebih optimal. komponen ini bisa bikin mio kamu lebih hemat bahan bakar sekitar 10-15% dan tenaga mio kamu naik hingga 10%.
Busi
Bisa menggunakan busi iridium, kelebihannya adalah bunga api lebih besar dan berwarna biru, material elektrodanya juga lebih kuat sehingga busi menjadi lebih awet, apalagi bila sudah menggunakan CDI dan koil racing, biasanya busi ngga tahan lama. komponen ini bisa bikin mio kamu lebih hemat bahan bakar sekitar 5% dan tenaga mio kamu naik hingga 10%.
Pasang Coil Booster
Bisa pasang merek AVS Motomax, meningkatkan pengapian dan lebih stabil. Harganya sekitar Rp. 180.000. bisa meningkatkan tenaga sekitar 5% dan bahan bakar lebih hemat 8-10%
Bagian IV: Aplikasi alat penghemat BBM
Agar
  lebih irit lagi bisa juga pasang alat penghemat BBM, yang sudah 
terbukti  dapat menghemat BBM hingga 60%, alat yang bisa dipasang antara
 lain:
Magnet penghemat BBM
Bisa  menggunakan produk Ring Diesel-Bensin Type R
 khusus untuk sepeda  motor. Cara kerjanya adalah menyelaraskan ion-ion 
positif dan negative  yang terkandung dalam bahan bakar, sehingga 
ion-ion tersebut tersusun  rapi. Kalori bakar bahan bakar naik karena 
magnet akan memperbaiki  kualitas bahan bakar. Pada produk ini juga 
menggunakan cairan Newton, alat ini akan  bekerja lebih optimal apabila 
sudah digunakan dalam jangka waktu yang  lama. Bisa dibeli dengan harga 
sekitar Rp. 175.000. alat ini bisa  meningkatkan tenaga dan menghemat 
bahan bakar hingga 20%
Oksigen katalisator
 








 
 
